Mengunjungi Museum Geologi

Perjalanan selanjutnya adalah mengunjungi Museum Geologi. Museum ini sering aku liat beritanya di harian Kompas. Makanya jadi tertarik. Letaknya di Jalan Diponogoro, berdekatan dengan pusat pemerintahan kota Bandung, Gedung Sate. Berikut sedikit laporannya:

Museum Geologi terdiri dari tiga bagian. Bagian kanan adalah peninggalan peradaban purba di Indonesia, Bagian kiri adalah mengenai batuan yang ada di Indonesia dan terakhir di lantai dua ada ruangan yang menjelaskan tentang penggunaan geologi untuk aktifitas umat manusia.

Kebetulan saya tertarik ke bagian kanan terlebih dahulu. Disana kita disambut oleh kerangka dinosaurus. Cukup menyeramkan. Tapi sayangnya kerangka tersebut adalah imitasi, karena sampai saat ini tidak pernah ditemukan adanya fosil Dinosaurus di Indonesia.

Di seberang fosil dinosaurus, terdapat beberapa fosil yang ditemukan di wilayah Indonesia. Fosil tersebut kebanyakan ditemukan di daerah Sangiran. Daerah di Jawa Timur yang sangat kaya dengan fosil. Fosil tersebut seperti kura-kura purba, banteng dengan tanduk super gede (panjangnya mencapai 3 meter), gajah mini, dll. Fosil gajah mini ini ditemukan di flores. Jadi keberadaan hobbit di flores kemungkinan benar. Wong gajahnya aja mini, logis pula kalau manusianya juga mini. Yang menjadai pertanyaan buat saya, Kenapa bisa begitu yah??

Selanjutnya di salah satu ruangan terpajang beberapa fosil tengkorak. Fosil tengkorak ini bukanlah korban PKI, tapi fosil manusia purba yang pernah tinggal di Indonesia. Agak merinding juga memasuki ruangan ini.

Ini dia replika dari Homo Erectus. Jenis manusia purba yang membuat saya penasaran waktu SMP. Klo ga salah penemunya E. Dobious. Amat disayangkan penemuannya kalah tenar oleh penemuan tengkorak Pittwall. Padahal tengkorak Pittwall hanyalah suatu propaganda untuk melegalkan kolonialisme. Sayang penemuannya diakui setelah ia meninggal. Pada akhir masa hidupnya, ia mengasingkan diri dari kehidupan. Bahkan beberapa kerabatnya menganggapnya gila.

Selanjutnya beralih ke bagian kanan. Gambar di atas adalah bagian dari meteorit yang ditemukan pada beberapa daerah di bumi. Ada yang ditemukan di Indonesia, Filiphina, Australia, Afrika, dan beberapa daerah lainnya. Ternyata meteorit tersebut sangat kecil dibanding dengan kerusakan yang ditimbulkannya. Unsue-unsur yang terkandung juga hampir sama dengan unsur yang ditemukan di bumi seperti besi, nikel, tembaga, pirit dan lain sebagainya.

Ini dia batuan yang sangat indah. Benda aslinya jauh lebih indah dari foto di atas (maklum fotografer pemula). Sebenarnya itu adalah batuan bulat, tapi dipotong melintang dan bagian dalamnya terdapat sesuatu yang sangat menakjubkan. Indah banget pokoknya.

Ini dia yang paling aku sesalkan. Batuan ini adalah korban vandalisme. Hampir semua bagiannya dicorat-coret. Usil banget sih. Di museum juga kelakuannya bar-bar. Jadi kesel…..

Selanjutnya naik ke lantai dua. Ada beberapa batuan dan benda geologi yang berguna untuk manusia seperti emas (foto di atas), besi, nikel, batubara, minyak bumi, dll.

Ini dia pengunjung yang datang ke Museum. Herannya lagi mereka dari bali, SMK Saraswati Denpasar. Kok bisa kebetulan ktemu di Bandung yak??

Secara umum Museum ini layak untuk dikunjungi. Tidak ada tiket masuk, alias gratis. Sayangnya ruangan yang disediakan tidak cukup untuk seluruh koleksi Museum. Sehingga yang dipajang hanyalah 30% dari koleksi. Sisanya di taruh di gudang penyimpanan. Kalau ada waktu berkunjunglah.

34 Tanggapan

  1. wah, kayaknya asik sekali tempatnya ya..

    seru bangt lah…terbayang kehidupan primitif yang jaman baheula..

  2. huaaa, daku udah 3 tahun di bandung masih belom pernah kesana, paling cuma lewat doang…
    hehehe

    sayang klo ga dikunjungi..ternyata d bandung banyak tempat menarik..ntar klo meninggalkan bandung biar ga nyesel deh..

  3. kayaknya ini masuk ke daptar kunjunganku bulan depan deh…

    ada satu lagi museum dgn afiliasi yg sama dngn museum geologi yaitu museum Sri Baduga. Katanya tentang peradapan sunda gitu deh..Ni museum target selanjutnya..

  4. gratisan??? mau dong…. tapi ke Bandungnya gratis juga gak? he3x…

    hahahhaha ke bandungnya lumayan mahal nih..Termurah naek bus ampe 325rb. Pesawat mungkin 500rb..

  5. waaaa ternyata Bogor asik nok, sayang lom pernah ke sana :(

    sebelum ke India, maen ke sini dulu bli..

  6. …Ini dia replika dari Homo Erectus. Jenis manusia purba yang membuat saya penasaran waktu SMP…

    sudah kupake jd foto di YM. :D

    bukan karena merasa mirip kan bli?? hehehehehe

  7. Jadi inget waktu sd dulu… rame2 sesekolah studi tour ke museum geologi, nonton film tentang kegiatan geologi yang bermanfaat bagi manusia, trus abis dari museum geologi ke sabuga itb buat nonton film 3 dimensi… senengnya!

    wah asik dunk..kan dari Museum Geologi ke Sabuga jauh..niat amat hehehehehe

  8. dan karena ga pernah sekolah di bandung ga pernah ngalemin kunjungan kesini hehe tapi nanti mau maen kesini ah pas ada dinosaurus… erh… udah ada blom ya???

    dinosaurusnya cuman nyampe jakarta aja mbak..:P

  9. gila keren benernih hehehehehehehhehehehehehhehehehehehehehehehehehehehehhehehehehehehh

  10. gile keren bener nih kayanya bagus nih di sebarin amerika ,london ,australia , china ,barcelona ,kalo engga di dunia ini oke,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e,e, hhehehehhehheheheheh

  11. cihuy….mau bawa sepupu aku ke museum dinosaurus,mumpung lagi liburan sekolah…,mumpung gratis,yah mestinya urang bandung tos disadiakeun gratis darongkap atuh…isin kanu orang luar kota,ia gak pak awan?he..he…

  12. Terima kasih telah mengunjungi Museum Geologi. Kami berharap anda bisa berkunjung lagi. Silakan masuk ke website museum geologi. Anda akan mengenal tenang geologi dan manfaatnya.

  13. waa, seruu bangget ni ke museum geologi…
    aq ntu plg demen de yang nmana liat fosil-fosil gitu, gimana yach kehidupan mereka? seruuu gagg yeah??

  14. sumpah museum geologi tu keren bgd! top bgd buat bahan skripsi anak kuliah, w sih masih smp tp sumpah takjub bgd w sama museum geologi!

  15. Gw jg pernah kesini. Foto gw sama dino replika jg ada. Yg plg gw suka ttg, gmn bumi dulu terbuat + galaksi, planet-planet, bintang, bumi, semuanya dech. Tempat yg bgs bwt rekreasi. Sygnya, wkt gw tggl shri itu krna bsoknya hrs plg kehabitat asal, sulawesi tengah. Jd pengen kesana lg dech hehehe…

  16. di sana tuh tempatnya lumayan nyaman. karena aku pernah kesana, aku kagum banget sama fosil dinosaurus yang gede banget, tinggi dan menarik banget, kalo deket mah aku pengen kesana setiap hari..hehehehehe

  17. museum sribaduga juga bagus koq, tempatnya nyaman banget, seru!! hahah pengen kesana lagi,hehehe

  18. dinosaurus iku gede eo…
    Tk pkir iku mbujuk.i, dadakno temenan…

  19. Waah,
    jd kngen,
    sm museum geologi.
    Coz, juni 2008.
    Prtama kalinya gw k’sna. Itupun acranya
    obserb studytour diSma q.,
    jd ga smpet mw maen lg, klo uda kulyh gnie,
    liburan jga dipke Sp.
    Apalg jarak
    dr lmpun9-bndung jaoouh cuy.
    Ucch,
    kpn ya maen lg ksana…?

  20. kurang rinci

  21. kurang rinci & lengkap

  22. seru tapi gambarnya lebih banyak lg dong coy mantep si mantep

  23. laen museum gelogi!!!!!
    mesum geologi ingat!!!

  24. tolong kaih artikel tentang hidrosfer lebih bnyk lagi donk………

  25. ada tugas ke museum geologi kaka ada yg mau bantu kasih profil?

  26. maap,,

    foto kunjungan museum geologi diatas bukan SMK tapi SMA Saraswati,,,

    tapi gag apa yang penting kita dari Bali bisa eksis,,,
    hehehehe,,,

    suksma,,
    trims,,
    ^-^

  27. uhh_
    jdii iingett pnend ke museum geologi lgi ? :( :(
    mw kestu…tpii jauhh bgd ?
    hmm…

  28. insya Allah next 4 – 7 april 2011 SMA AL ISLAM 1 akan studi ke museum Geologi.

  29. Kurang rinci, tetapi sangat bermanfaat banget pak buat tugas sekolah saya. Makasih ya ^^

  30. keren banget
    al karimiyah

  31. gw gk percaya klo kayu jdi batu sich… :)

  32. gimana ya kalau mau berkunjung ke museum geologi ini,,apa saja prosedurnya ???????/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: