BBM Seharusnya Gratis

Ini mungkin dikira provokatif. Tapi sebagai warga negara kita berhak melakukan monitor terhadap kebijakan pemerintah. Selain itu sudah saatnya pemerintah melakukan transparansi mengenai minyak yang saat ini seakan-akan ditutup-tutupi. Penentuan harga seolah-olah berasal dari langit. Setiap harga minyak dunia, kita seakan menderita. Untuk mengimbangi kalkulasi pemerintah, saya melakukan perhitungan sendiri seuai dengan informasi yang saya ketahui tentang seluk-beluk minyak Indonesia.

Saat ini kebutuhan minyak Indonesia adalah 1.3 juta barel/hari sedangkan produksi dalam negeri adalah 900 ribu barel/hari. Jadi terdapat selisih 400 ribu barel yang harus di Impor.

Kualitas minyak Indonesia sangat tinggi karena mengandung sulfur yang lebih sedikit daripada minyak dari Timur Tengah. Sehingga harganyapun akan lebih tinggi. Dengan alasan mengurangi polusi, minyak Indonesia menjadi Incaran negara-negara Eropa dan Amerika. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Indonesia melakukan impor minyak Timur Tengah yang harganya lebih murah.

Nah kalau kita bedakan harga minya Indonesia dengan minyak Timur Tengah, misalkan harga minyak Timur Tengah adalah 110 dollar/barrel, maka defisit minyak kita adalah juta dollar. Harga ini untuk 1.3 juta barrel minyak kebutuhan kita. Jadi harganya sama dengan 27 dollar/barrel atau 270000/505400 rupiah/liter. Sehingga harga seharusnya 5400 rupiah/liter ditambah ongkos produksi.

Perhitungan di atas tanpa memperhitungkan subsidi yang diberikan pemerintah, yang katanya untuk tahun 2008 telah mencapai 120 triliun rupiah. Selama 4 bulan pemerintah mensubsidi 120 triliun. Jadi 30 triliun/bulan atau 1 triliun/hari. Padahal perhari kita cuman defisit 35 juta dollar 10 ribu 350 miliar rupiah. Jadi seharusnya ada surplus dari subsidi sebesar 650 miliar/hari. Masak ongkos produksi mencapai 650 miliar/hari. Kalau bener semuanya habis untuk biaya subsidi, berarti ongkos produksi minyak adalah 10800 rupiah/liter (tidak mungkin). Dengan kata lain seharusnya BBM gratis dan uang subsidi bersisa lho… Aneeeeehhhhh..

Terus uang subsidi itu untuk apa?? Untuk siapa?? Kok bisa habis dan BBM ga gratis lagi.

Sudah saatnya pemerintah transparan tentang perhitungan kenaikan BBM ini. Jangan selalu menganggap masyarakat bodoh dan pemerintah yang pintar, sehingga semua kebijakan hanya didiskusikan sendiri. Saat ini rakyat sudah pintar, bahkan jauh melebihi kepintaran pemerintah yang sering menggoblokkan diri dalam memutuskan kebijakannya.

Beberapa transparansi yang harus dilakukan pemerintah adalah:

Pertama:

Bagaimana perhitungan harga saat ini ditentukan dan bagaimana perhitungan dari minyak yang dihasilkan oleh Indonesia.

Kedua:

Kemana saja subsidi 120 triliun itu digunakan.

Ketiga:

Transparansi kontrak karya minyak dengan perusahaan asing. Masak ada perusahaan asing yang menerima kontrak karya di kepulauan Natuna, dimana pemerintah tidak mendapatkan bagian sama sekali karena alasan tempat yang terpencil sehingga tidak memungkinkan dilakukannya bagi hasil. Yah kalau tidak mendapat apa-apa, mending ladang minyaknya dibiarkan saja tidak terolah. Tidak logis sama sekali. Selain itu adanya kontrak karya dimana bagian pemerintah digunakan untuk membiayai ongkos produksi. Harganya dilebih-lebihkan lagi. Sedangkan perusahaan asingnya malah langsung mengambil keuntungan bersih. Aneh, kok bukannya sebaliknya?? Lebih aneh lagi kalau ternyata banyak kontrak karya yang dilakukan secara tidak transparan, sehingga publik tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Keempat:

Sudah saatnya Pertamina untuk direformasi. Masak harga minyak yang ditawarkan ke PLN jauh lebih mahal dari harga yang ditawarkan oleh Shell?? Selain itu, sudah saatnya Pertamina untuk membeli minyak langsung dari negara produsen, bukannya dari para broker dengan harga lebih mahal. Apalagi klo brokernya karena kongkalikong dengan oknum pertamina sendiri.

Mari pemerintah melakukan transparansi pada publik. Jika benar minyak harus naik, mari kita tanggung risiko bersama-sama. Jika perhitungan yang dilakukan transparan dan memang mewajibkan harga harus naik, saya akan mendukung pemerintah sepenuhnya. Tapi bukan dengan cara kucing-kucingan seperti ini.

Tolak kenaikan harga minyak sebelum adanya transparansi dari pemerintah!!!

16 Tanggapan

  1. wah tadi pagi saya baca di blog yang laen (lupa url na) malah katanya kualitas minyak kita buruk..jadi yang bener yang mana yah? tapi kalo baca soal itung2 an itu saya malah jadi geleng2 pala sendiri ngeliatin pemerintah kita,,itu duit selalu habis paling2 ya buat pejabat korup toh..la endonesa khan negara kaya,masak sampe miskin kayak gini, udah jelas itu duwit diselewengkan,.. hhhhh gerah…*nyalain kipas angin*

    Kalau saya sumbernya dari Kompas. Rasanya emang benar kualitas minyak kita lebih baik, karena kita impor minyak dari Timur Tengah. Gerah karena kepanasan ya bu??

  2. wah uang subsidi dibagi2 kalo gto dunk? kemana ya larinya uang itu? hebat nih analisanya…

    Kebanyakan lari ke Singapore. Para konglomerat memiliki 33% properti di negara yang sekecil upil itu…

  3. sebenarnya dari dulu, hampir dalam segala hal, apa pemerintah pernah terbuka sama masyarakat ?

    selama menganggap masyarakat bodoh dan pemerintah pintar, ya ga akan pernah buka-bukaan..

  4. indonesia memang suka aneh.
    negara agragris, kok impor beras
    negara produsen minyak, kok impor minyak

    sekarang dah mulai mampu ekspor beras, tapi cuman dikit..
    sekarang emang defisit minyak, makanya maw keluar dari OPEC..

  5. begitulah adanya. pemerintah memang hanya jadi kepanjangan tangan perusahaan2 importir dan ekpostir minyak. makanya selalu cari alasan utk menaikkan harga. padahal sebenarnya ya karena salah urus saja. payah mmg pemerintah kita.

    iya nih..kok negara rasanya cuman kepunyan segelintir orang doang, dan rakyat cuman hambanya saja..

  6. iya harus ada penjelasan sedetail2nya mengenai ini..

    hidup transparansi

  7. waaah…saya jadi lebih banyak ngakak bacanya…benar-benar lucu..tapi kalau udah ketahuan yang aslinya…bakalan nggak lucu lagi dh… 🙂

    jangan kebanyakan ngakak, ntar jadi lupa lucunya di mana hehehehehehehe

  8. Boss, hidup endonesia huahahahaha … pemerintah to emang milik segelintir orang kok bli. yang lain cuman ngekost gen di endonesia hahahahaha …

    wah klo beneran ngekost, berarti siap-siap terdepak saat ga bisa bayar kost..miris banget..

  9. wah-wah… ini pasti habis denger kuliahnya pak kwik kian gie, dia mempunyai pendapat logis tersendiri dibanding pengamat2 lain, sayang pendapatnya tidak didengar…

    tapi memang benar sih logikanya, kenapa selama ini pemerintah tidak pernah memberikan laporan terhadap subsidi, dan kenapa pemerintah kok gak pernah ngasih laporan kerugian subsidi, lagipula kita ini beli minyak perasaan di Iran deh, kok makenya US$, dan kita juga punya kilang minyak kan? kok sampe segitu kekurangannya…

    konspirasi nih…!

    makanya tuntut transparansi dari pemerintah….

  10. Setuju, transparansi kontak karya itu sangat perlu! Tapi mana mungkin (oknum) pemerintah nya mau! Hehehhee… kan bisa ilang tuh penghasilannya…😀

    makanya harus kita desak biar jadi mau hehehehehe

  11. bbm seharusnya gratis

    ini topik yang bagus, pas ,dan hangat
    bumi ini telah mengalamai krisis energi.dimana produksi minyak tiap tahun selalu menurun.dimana kebutuhan akan energi tidak ketutupi dengan produksi yang ada.

    bicara energi
    energi ada dua:
    1.energi fusi = energi yang terbatas bahan(korek api,kompor,sepeda motor,listrik,rokok,pesawat,kapal laut,dan lain-lain)contoh energi akan habis pada motor jika bensin habis.
    2.energi visi = energi yang tak terbatas bahan(matahari)energi ini tak akan ada habis nya.

    kenapa kita bergantung pada energi yang terbatas (bensin,minyak tanah,solar dan lain-lain jika ada energi yang yang tak terbatas?…………………

    karna teknologi energi saat ini hanya bisa mengolah lumpur jadi sumber energi.

    kenapa kita tidak beralih saja ke energi tanpa batas?……….

    ini masalahnya……iran produsen minyak tenama saat ini.kenapa mereka mau beralih keenergi alternatif (uranium).karena ketersedian produksi mereka jauh menurun di banding permintaan pasar.makanya mereka beralih ke uranium.telah mereka siap kan pabriknya.all hasil pihak amerika mengatas nama kan pbb(persatuan bangsa bangsa)mencekal langkah 2 iran dalam mengayakan uranium.

    kenapa harus di cekal….?
    bukan kah iran pelopor dari energi alternatif .dimana iran bisa menjawab semua tanya.menutupi semua kekurangan energi.yang kita alami selama ini.

    karna pihak amerika (pbb) berpegang dan berpandang pada pengalaman dan kenyataan.maka lahir lah peraturan. bahwa energi dalam bentuk atom ,sangat sangat dilarang karna dampak yang di timbulkan akan dahsyat dan berbahaya bagi kehidupan di muka bumi.contoh chernobil di russia yang mengayakan uranium,.jepang (naga saki dan hirosima)rata karna radiasi atom.

    iran membangkang dan mengancam akan menaikan harga minyak dunia jika amerika (pbb)tidak mencabut larangan melarang mngayakan uranium.

    all hasil minyak di pasaran dunia menjadi naik sesuai target iran.tapi bukan itu maksud iran untuk menaikan harga.

    amerika (pbb) pun mengancam akan mencekal dari segala sisi untuk mencekal iran.dari sisi militer iran di tuduh mengayakan uranium untuk persenjataan nuklir.dari sis agama iran di tuduh mengayakan uranium untuk mempersenjatai teroris (islam) dengan senjata nuklir.dari sis ekonomi iran di tuduh dalang kenaikan harga bbm.

    namun iran tak gentar sedikit pun.apa yang di sangka amerika (pbb)terhadap iran.

    namun sekarang apa yang memicuh naiknya harga bbm dunia .saya belum mengetahui jelas.

    yang jelas harga bbm dunia naik karna produksi lebih kecil dari permintaan pasar dunia.jadi ketersediaan bbm semakin hari semakin berkuarang.

    bahan baku apa yang di jadikan iran untuk energi alternatif (reaksi atom)…..?

    bahan baku yang dijadikan iran untuk energi alternatif adalah….air…..
    diamana permukan bumi ini 80% di kelilingi air.dan kita tak perlu membeli bmm lagi untuk mendapatkan energi.
    jadi untuk kedepan energi kita gratis dan tanpa batas.

    kenapa air bisa jadi energi alternatif?……
    karna air mengandung banyak unsur kimia.
    dimana unsur atom juga terdapat di dalam air.

    bagaimana proses energi alternatif dari air bisa menghasil energi?….

    menguraikan unsur unsur di dalam air menjadi beberapa bagian unsur atom.dengan cara memanaskan air
    sampai titik didih tertentu.dan bagian bagian unsur unsur tersebut.dijadikan bahan baku energi alternatif.

    contogh:
    1.hidrogen
    2.nitrogen
    3.oksigen
    4.uranium
    5,dan seterusnya

    diantara semua unsur ter sebut.hidrogen lah yang paling ber bahaya,yang paling ringan.paling mudah terbakar.

    bayangkan dalam satu balon udara yang berisi gas hidrogen akan mudah terbakar jika jarak 1 meter ada energi yang membuat hidrogen bereaksi(api).

    energi akan gratis jika teknologi iran bisa diterima dunia.hanya membeli peralatan produksi pengurai air menjadi gas.maka energi kita tidak terbats lagi.listrik tak akan mati lagi.sepeda motor tak kan antri lagi di spbu.kompor takkan kehabisan minyak tanah lagi.

    inisiatif pemerintah untuk subsidi bbm.
    hanya untuk mengulur waktu agar kita bisa menyesuaikan perekonomian kiat.dimana pengeluaran tak sebanding dengan pengeluaran.dengan di turun kan nya subsidi dana cair maka kita bisa menyesuai kan pengeluaran kita untuk jang 3 bulan keatas.karna negara tidak berperang dalam bentuk fisik tapi negara berperang dlam bentuk materi atau ekonomi.

    di satu sisi america betul
    disatu sisi iran betul

    jadi kita tunggu saja mereka berdamai.dan kita dapat energi tanpa batas.

    waduh capek dechh….

  12. inisiatif pemerintah menunda kenaikan harga bbm beberapa bulan dari harga pasar dunia itu sangat sangat di pertimbangkan dengan sangat cermat.untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi yang tak di ingin kan terjadi di dalam negri indonesia.maka di turunkan dana subsidi langsung cair.dengan begitu begitu pemerintah bisa mempertahankan tingkat keamanan dan kestabilan ekonomi indonesia.

    hidup indonesia…..
    hidup indonesia…..
    hidup indonesia…..

    merdeka………

    moga tak ada demonstran yang rusuh pasca bbm naik……

  13. keknya emang ada konspirasi nih..

    harus dibongkar dunk konspirasinya..

  14. Maaf, yach ! Kalau saya nggak minta izin….

    Sumpah nggak ada niat buat jadi plagiat. Soalnya kemaren saya udah comment disini and minta izin, tapi nggak tawu kenapa kox nggak ada disini yach ??

    lain kali ngambilnya musti seijin yang nulis yah..
    salam kenal juga

  15. nee link energi alternatif………….

    http://www.runyourcarwithwater.com/

    semua produk menghasilkan energi yang sangat kecil(home energi)
    sementara untuk industri besar (industri energi)blom ada di pasaran.

  16. heheheh kalau gratis mayan juga tuhhh

    klo gratis bisa renang di atas minyak lho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: