Kebun Raya Bogor: Surgaku…

Bogor. Pertama kali terngiang kata itu, terbayanglah kota kcil yang menggairahkan itu. Bagaimana tidak, berbagai macam buah tropis yang aneh-aneh selalu terpampang di setiap pinggir jalan kota itu. Yang paling menarik tentunya ikonnya, Kebun Raya Bogor.

Siang itu, aku bergegas menuju terminal Lewipanjang. Sayang siang itu puncak terlanjur ramai karena liburan. Jadilah waktu di jalan tersita 6 jam. Sempat kepikiran untuk menggunakan kereta api, tapi agak ribet karena harus naek dua kali. Turun di Gambir trus pindah kereta naek yang ke Bogor. Padahal kalau naik kereta waktu di jalan bisa di pangkas. Mungkin 4 jam saja udah nyampe Bogor.

Monumen Kujang. Monumen identitas Kota Bogor.

Karena kemacetan tersebut, sampai di Bogorpun jam 4 sore. Padahal hari itu rencananya akan mengunjungi Kebun Raya. Turun di Terminal Baranangsiang, langkah kaki kupercepat. Ternyata loket masuk Kebun Raya masih buka. Katanya tutup jam 5. Tanpa ragu aku pesan tiket seharga 9500 rupiah itu (enam bulan lalu cuman 5 ribu). Tapi sayang tempat pemeliharaan anggrek sudah tutup jam 4. Sedikit kecewa. Setelah masuk pintu gerbang, kekecewaan serentak sirna. Hamparan pohon menjulang tinggi yang berumur puluhan tahun itu seakan memberikan sapaan kesejukan. Aku merasa berada di surga.. ya, inilah surgaku.

Karena masalah waktu aku bergegas menyusuri setapak untuk menuju Istana Bogor. Istana ini tepat berada di sebelah Barat Laut dari Kebun Raya. Ternyata jalan yang aku lewati terdapat tanaman anggrek raksasa (Grammatophylum Speciosum). Karena terpana akan keindahannya, sampai lupa difoto.

Setengah jam kemudian, sampailah didepan Istana Bogor.

Sayang Istana dengan Kebun Raya sengaja dibatasi dengan kolam, sehingga pengunjung Kebun Raya tidak bisa masuk ke dalam Istana. Ini seakan menambah keangkuhan bangunan ini.

Halaman Istana Bogor dihiasi oleh beberapa patung, hasil karya seni pematung ternama dunia. Salah satunya adalah patung ini, yang katanya kegemaran Presiden Sukarno.

Kebun Raya Bogor didirikan pada tahun 1855 oleh orang kebangsaan Jerman (lupa namanya), yang bertujuan untuk mengumpulkan kekayaan hayati Indonesia pada satu tempat. Oleh karena itu, Kebun Raya memiliki koleksi hampir seluruh tanaman yang ada di Indonesia.

Patung pendiri Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Disana kita dapat melihat kekayaan hayati Indonesia yang sangat beragam. Selain itu suasananya juga sangat layak untuk dijadikan wisata keluarga. Jika ingin menyusuri seluruh wilayah Kebun Raya, setidaknya sediakan waktu seharian. Selamat berkunjung.

18 Tanggapan

  1. hui lagi sering jalan2 ya bang?

    mumpung ada waktu..eksplorasi bandung dulu sampai puasss

  2. Keindahan tentang kebun raya bogor sudah terdengar di mana-mana, walaupun saya sendiri sebenarnya belum pernah ke sana.

    Klo ke Bogor, singgah aja pak..Ga rugi kok..

  3. rusa2 di istana bogor itu masih ada gak? udah lama nih gak ke sana…kangen asinan bogor euy

    tiga bulan yang lalu saya ke Bogor, rusanya masih ada. Tapi kemaren mungkin karena kesorean, para rusa menghilang.. Sayang saya kelupaan mengembat asinan Bogor..

  4. wah bogor emang manteb… (padahal belum pernah kesana)
    taunya balikpapan dan bontang…

    sapa tau laen waktu ada kesempatan..

  5. waaaah, jadi pingin nih main ksana. katanya bogor dingin ya? sama malang dingin mana

    Bogor terkenal dengan kota hujan karena emang hujan mulu kerjanya..lebih dingin Bogor brbrbrbrbrbrrrrrr

  6. kira-kira apa ya yang ada di dalem istana ntu?

    belum pernah masuk sih.. jd kagak tau deh..

  7. jadi pengen k bogor nih, dari dulu saya emang punya niat bwat tinggal di bogor kayaknya lebih enak daripada di bandung…

    bandung jg nyaman kok boss

  8. huehehehe jadi malu neh, gak pernah ke kebun raya bogor… paling cuma ke bandung ma jakarta aja… gak ke bogor…

    Bogor kan deket jakarta, ntar singgah aja.. Ga akan rugi kok..

  9. wah jalan2 terus neh,,hehe

    mumpung ada waktu bu..

  10. Anda penggemar museum ya?
    Nggak lengkap kalau lom pernah ke Ullen Sentalu, Kaliurang Jogja, Mas.

    Pernah kesana?
    Kalau belum dan Anda penikmat seni dan budaya Jawa, Anda akan terpuaskan di sana!

    Salam kenal…

    Belum pernah singgah di Yogya. Cuman lewat aja. Tengkyu buat infonya.. Sekarang menyisir Jawa Barat dan Jakarta dulu.. Ntar mungkin diperluas ke Jateng dan Jatim..

    salam kenal juga

  11. aku ksana tahun 2005 sama mama, cuma berdua..dah kaya spasang kekasih aja😀 coba tebak apa kata mama?

    jreng…jreng…

    “kok ga ada orang jualannya…cuma pohon doang” hahahaha…

    mpe rumah sodara diledekin abis2an..klo mau liat orang jualan k pasar ato mall aja ma :))

    lho..kok jadi curhat sih…maap2…habis postingan ini membuatku bernostalgia😀 salam kenal ya🙂

    hahahahahaha lucu banget…Pasti mamanya ga suka tanaman yah, jadi ga bisa menikmati indahnya Kebun Raya.. Ntar klo ke Bogor lagi maen ke sampingnya Kebun Raya aja. Dah ada BTM (Bogor Trade Mall)…

  12. salam kenal…saya lagi cari informasi alamat / denah-nya..BOTANI SQuare mall….or bisa kasih infonyaa.. keluar tol.trus.. kemana gitu..:) oiya. kalo memungkinkan..ingin rasanya stay di motel / hotel bogor….ada infonya yang dekat Botani Square mall ..nggak? trus ratenya brp ? or contact number kalo ada thx… thx.. thx…

  13. bangga jadi orang bogor😀

    @cicirahardjo: kalo keluar tol belok kiri, itu langsung keliatan gede banget BOTANI SQUARE, adanya di seberang tugu kujang😀

  14. Tulisan yang mencerahkan….

  15. selain botani ada juga ekalokasari plaza, di jl.pajajaran hampir mau ke tajur…
    sebelah botani square itu ada hotel santika, pas msh satu areal sama botani square, dan msh banyak lagi kalo mau kunjung ke bogor…..🙂
    masih buuuaannnyaak tempat yg harus dikunjungi di bogor!!! Tempat makannya terutama, banyak yg baru-baru!

  16. apa ada bagian promotion nya?

  17. sejuk indahny kebun raya sangat membuat saya mencinta kebun raya bogor …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: