Telapak Kaki para Presiden

Iseng berjalan di mengitari trotoar Monas, eh malah ketiban pulung. Tanpa sengaja di trotoar Jalan Merdeka Utara (seberang Istana Negara), terdapat tapak kaki presiden yang pernah memerintah Indonesia.

Tapak kaki Presiden Sukarno

Tapak kaki Presiden Suharto

Tapak kaki Presiden Habibie

Telapak kaki Presiden Abdurahman Wahid

Telapak kaki Presiden Megawati Sukarnoputri

Telapak kaki Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Dilihat dari namanya, ritual tapak kaki ini dimulai dari pemerintahan Suharto. Disana terpampang nama Jenderal Besar Suharto pada nama beliau. Dimana pemberian jenderal bintang lima dilakukan pada tahun 1996. Jadi pengambilan tapak kaki tersebut dimulai setelah tahun 1996. Oleh karena itu, untuk Sukarno yang ada hanya tapak sepatunya saja.

Untung Indonesia baru memiliki enam presiden. Kalau seperti Amerika, tapak kakinya bisa mengelilingi Monas..

59 Tanggapan

  1. ini ukurannya berapa ya? terletak di sebelah mana kok saya belum tahu adanya di monas?

    adanya di kalan Merdeka Utara. Tepatnya didepan gedung MA, tapi pada sisi trotoar Monas.. Klo ga teliti ga akan terlihat..

  2. berarti yang paling modern itu ya sukarno toh. karna hanya dia yang udah mengenakan sepatu, he….
    yang lain masih jaman purba, he…

    hehehehhe..
    mungkin pas di but Sukarnonya dah wafat. Jadi cuman tapak sepatunya aja yang ada..

  3. kalah nih kayaknya hollywood walk of frame…

    hahahahaha klo masalah terkenal sih kalah.. Tapi klo presiden kita sudah puluhan, keren juga rasanya..

  4. tapak kaki alm. suharto lucu yaa.. koq sepertinya gak sesuai dengan badannya yang gede..
    kebalikan sama tapak kakinya habibie… gendud keliatannya…
    hihiiih

    mungki habibie keberatan otak sih..

  5. sama kayak mas antown, ko saya juga ga pernah tau di monas ada beginian…ga perlu jauh2 ke HK donk kalo ada di jkt…
    di blah mana ini mas?

    Di jalan Merdek Utara, di depannya gedung MA kok..

  6. wah, baru tau. dulu keliling2 monas perasaan yang menarik cuma air mancur menarinya deh….
    sama emas di puncaknya itu tentunya😀

    yang di puncak itu amat sangat mengiurkan hehehhe

  7. sukarno aneh2 aja gak lepas spatu. kenapa coba

    karena takut kakinya kurap…:p
    mungkin karena pas dibuat sukarno dah wafat. Jadi pake sepatu peninggalannya aja deh..

  8. Baru tahu kalau di trotoar Monas ada telapak kaki para presiden Indonesia.

    sebenarnya telapak kaki saya juga ada. Sayang ga permanen hehehehehe

  9. ga sengaja nginjek semen yang masih basah kali para presiden itu:mrgreen:

    hahahahah kesengajan yang berulang sebanyak 6 kali??

  10. ada2 aja bikin kek begituan..
    bikin kek gituan pasti dananya gede..
    mending buat ngasih k rakyat kecil

    maksudnya telapak kaki rakyat yang di pasang di sana??😛

  11. waaahhh jadi malu sendiri, lom pernah ke jakarta😦

    Tapi ke luar negeri dah sering kan??

  12. ayuk bikin sendiri aja yuk di rumah… hekekeke…

    emang ntar sapa yang mau ngeliat, trus foto2, trus naruh di blog mereka??
    heheheeehe just kidding..

  13. Tar klo pas ke Monas, bela-belain ke Jl.Merdeka Utara, deh. Gile, berpuluh-puluh tahun hidup sebagai bangsa Indonesia tapi ternyata nggak ngeh bahwa ada Walk of Fame di Monas!

    ayoooo borongan ke sananya..

  14. Bisa ga ya majang tapak kaki kita disana tanpa harus jadi presiden?
    Males si jadi presiden, didemo terus hati tak tentram..😀

    taruh aja disampingnya…tak lama kemudian pasti di gusur paspampress hehehe

  15. Jadi berpikir, tapak kaki siapa yang bakalan menyusul?

    Juga terpikirkan, kayaknya aku ga bakalan punya tapak kaki di situ…. hahahahahah (ya iyalah… masa ya iya dong……)

    tunggu tahun 2009..

  16. Kok kakinya Habibie bulet banget.. padahal orangnya nggak…
    Hihii…

    mungkin minjem kaki istrinya kaliiiii

  17. iya ya.. cm Pak Sukarno yg pake sepatu.. mungkin dia ga suka nyeker ya.. Presiden jg ga mo kalah sm artezz, punya cetakan kaki😀

    yup..presiden juga artis kan..malah lebih terkenal lagi..

  18. hohohoho berguna gak sih tapak kaki begitu?!?!?!

    berguna untuk nyaingin walk of fame..

  19. mentang-mentang deket istana, pada suka jalan-jalan ke monas yak😆

    hehehehe saya dari bandung.. iseng aja main ke monas..

  20. Salam
    Oh ternyata diriku pun baru tahu ya🙂

    saya juga nemu gak sengaja

  21. wagh….mw telapak kaki okta ngak ??

    ambil aja di http://oktasihotang.com

    kwkak..kwakak..kwkak..

    bagi yang mau.. silahkan di klik..

  22. baru tahu nih ada telapak kaki presiden di sana, thx infonya

    btw, nggak bisa liat perbedaannya ya yg mana telapak kaki cewek apa cowok😛

    sayang kalau tapak kaki itu bias gender…

  23. siapa presiden yang ukuran sepatunya paling kecil ya?

    mungkin yang ukuran telapak kakinya paling kecil dong..

  24. Aku juga baru tau nih…
    Kapan ya ada Telapak Kakiku?? hehehehehe

    saat dah jadi presiden tentunya.

  25. monas sekarang keren ya…🙂

    yupz..keren abis deh pokoknya..

  26. Wew, kapan-kapan pengen maenlah ke Monas. Sampe udah punya anak, iis blum pernah maen kesana..

    jalan2 sekalian ngajarin anak2nya sejarah bu🙂..

  27. welgedewelbeh
    Good info … cool, nggak pernah tahu … ijin nyebarin info ini ya?

    yupz..silahkan disebar. Biar banyak yang tahu..

  28. loh, kenapa ga telapak wajah aja, kan lebih jelas

    kalo telapak kaki, ga tau donk ntar itu kaki siapa?

    hahahahahaha lucu banget..
    klo anda mau membuat tapak wajah..saya mau buatkan untuk anda
    hehehehehehe

  29. hmmmm… mirip Hall of Fame..
    repro-nya dijual gak ?🙂

    yup..
    ga dijual kok..
    di bagikan gratis deh..

  30. wah, enaknya jadi orang besar. tapak kaki pun mesti dijadikan prasasti, haks, btw, apakah jejak tapak kaki sang presiden itu bisa mencerminkan karakter dan gaya kepemimpinannya, ya, mas?

    hahahahaaha
    sayang belum ada penelitian ke arah itu..

  31. Temuan yang bagus, boss…
    Tuh banyak yang belum tahu….

    Apalagi saya…🙂

    mudah2an bermanfaat..

  32. baru tahu ada prasasti seperti itu😀 nice info😉

    yupz🙂

  33. selanjutnya adalah telapak kaki saya…
    pemilu besok aing yang menang…

    saya doain biar anda yang menang..
    truz mau bikin tapak wajah gak??

  34. Betul juga ya, harus jeli, soale selalu terlewat jika ingin melihat spot ini🙂

    iya..tempatnya sih ga tersembunyi, tapi karena ada di trotoar ya jadi sulit terperhatikan.

  35. ada ada aja dunia ini

    namanya juga usaha mas..

  36. ini mungkin karena Indonesia tidak memiliki kemampuan industri film seperti hollywood, tapi kita punya industri politik, jadi kaki presidenlah yang diabadikan….wekekekekekekekek…..

    mungkin di Indonesia, presiden lebih laku dari artis sih..

  37. ckckck..soekarno lupa lepas sepatu bukan?
    hehe😀

    kagok mungkin mas..

  38. punya megawati keliatan ‘berat’ ..wah beliau harus diet tuh😀

    ayo sapa yang berani ngasi tau??

  39. lucu ya kaki aja di jadikan pameran,tapi yang unik tapak kaki pak harto

    kok hanya Pak Harto yang unik??

  40. weks.. mereka koq nginjek2 semen ga jelas gitu….
    trus ga ngasi tau aku pula….heheheheheh

    emangnya klo di kasih tahu, mau ngapain hayo??

  41. Kaya ‘kerjain’ para manusia prasejarah ya, meninggalkan bekas (jejak) telapan kaki. Kalah gede dengan jejak Taruma Negara

    yang di Taruma Negara kan tapak gajah, ya jelas kalah dong klo dibandingin sama manusia hehehehehe

  42. Mengelilingi monas??? Ha…ha…ha sebuah analogi yang benar-benar kreatif.

    yup. biar ntar bisa menyaingi hall of fame hehehehhe

  43. Wah Soekarno pake sepatu sendiri..

    iyah🙂

  44. wah si mas yg satu ini jalan2 mulu ya? enak bgt😀
    yg lebih enak lagi habis jalan2, rajin mereview…wuih..hebat! makasi ya…jd nambah pengetahuan kita2 yg baca😉

    tetep sehat, tetep semangat….biar bisa jalan2 terus daannn nulis!! lha kok koyo om Bondan Winarno aja y😀

    mumpung ada waktu nih…yup mudah2an bermanfaat deh

  45. saya boleh ikut naruh telapakkaki ga ya?

    setelah jadi presiden,, boleh tentunya..

  46. wah ini bisa jadi kayak hollywood walk of fame yah? keren juga sih idenya….

    duluan ini atau yang di Hollywod yah??

  47. eh ada gituan di monas ya??? kok saya gak liat waktu maen kemonas ya???

    adanya di luar pagar monas.. Tepatnya di trotoar jalan Merdeka Utara, di depan gedung MA..

  48. di rumah saya juga ada kayak gitu… brarti saya presiden yah? ato calon barangkali? hihihi

    harus menang pemilu dulu bu..

  49. wach…wach… jadi mo bikin tapak kaki . kale aja 3000 thn kemudian jadi sejarah . kikikik🙂 . btw nice document …

    terimakasih😛

  50. oo yang kaya’ di hollywood itu ya?.. keren.
    baru tau

  51. wah kagak ikutan bikin jejak ?

  52. kok yang dibuat telapak kaki saja, ya…! Telapak tangannya ndak ada ya… bli ! he…he…he…:)

  53. mirip hall of fame gitu yah…

  54. caranya gusdur naro telapak kakinya kayak apa ya ????
    dia khan ga bisa berdiri ??

    indonesia ga kreatif amat seh, telapak kaki khan udah banyak. coba mukanya yang di abadikan di atas semen, yakin deh gw ke jakarta

  55. kenapa pemerintah ga bikin patung bapak ku president soekarno dari emas….???
    beliau kan sngat berharga bagai kan emas….
    he,he….

  56. Saya kemarin sengaja jalan kaki di trotoar seberang depan gedung MA dan Depdagri tapi kok gak nemu ya ? Apa udah dipindah ??? Adanya malah semacam bekas sesuatu di trotoar yang dikasih kaca warna hijau. Apakah itu ? Mohon info donk . Thanks…

  57. kalo gak salah tu yang bikin tetangga saya.lho…

  58. Wah cuma soekarno aja yang telapak sepatu.

  59. Holiwood kale……………?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: