Anggrek kita Dirampok!!

Indonesia adalah salah satu negara yang merupakan habitat dari Anggrek. Anehnya Indonesia bukanlah penghasil anggrek di dunia. Thailand dan Taiwanlah jawarannya anggrek. Yang paling disayangkan adalah anggrek-anggrek yang dihasilkan oleh kedua negara tersebut, induknya berasal dari Indonesia. Vanda dan Mokara Thailand, induknya adalah vanda tricolornya Indonesia. Anggrek bulan mereka juga asalnya dari Indonesia. Anehnya di Indonesia sendiri beberapa spesies anggrek mengalami kepunahan. Salah satu contohnya adalah Phalaeopnosis Javanica (anggrek bulan yang habitatnya di Jawa), Palaeopnosis Gigantea (anggrek bulan yang habitatnya di Kalimantan), vanda tricolor yang sangat sulit ditemukan di habitatnya terdahulu, lereng Gunung Merapi.

Vanda tricolor. Sangat rajin berbunga dan baunya harum sekali. Sangat cocok menjadi aroma therapi alami di pagi hari. Saya paling suka dengan anggrek ini. Sayang pengambilan di alam tidak terkendali. Sekali ngambil, biasanya tidak disisakan sedikitpun.

Selain itu banyak juga spesies-spesies kita dari Papua dan Maluku yang menjadi incaran hobiis dunia. Disana terdapat spesies yang mengagumkan seperti Dendrobium Lasiantera, Dendrobium Sutiknoi, Dendrobium Stratiotes, Grammatophylum Scriptum, Grammatophylum Speciosum (anggrek raksasa, anggrek terbesar di dunia dimana satu batang daunnya beratnya bisa mencapai 1 ton). Kalau ingin tahu gambarnya, search aja nama-nama anggreknya dari mbah google atau klik disini untuk web anggrek Indonesia.

Karena ada permintaan dari teman (mbak Elyswelt), maka saya lampirkan beberapa foto anggrek koleksi saya. Saat ini saya sudah tobat untuk mengoleksi anggrek spesies. Ternyata niat saya untuk melestarikan malah menyebabkan anggrek itu semakin langka karena anggrek tersebut diambil dari alam oleh para pedagang. Saat ini saya hanya membeli anggrek hasil budidaya (anggrek hibrida).

Dendrobium Earsakul. Biasanya dipakai untuk anggrek potong.

Anggrek dendrobium mini tapi rajin berbunga.

Anggrek Dendrobium Nindii dan Dendrobium lainnya yang semarak dengan bunganya.

Anggrek bulan yang semarak dengan bunganya. Beberapa bunga sudah gugur. Total bunga yang dihasilkan oleh satu pohon ini mencapai 50 kuntum. Ini tanaman anggrek favorit saya.

Anggrek bulan berlidah ungu. Sangat cantik, sayang malas berbunga.

Grammatophylum Scriptum, anggrek yang berasal dari flores. Salah satu anggrek spesies yang sempat saya beli.

Anggek bulbo yang ada di alam. Anggrek ini sangat unik karena bagian tengahnya bisa bergoyang-goyang bila terkena angin. Seperti sedang menari saja.

Berikut beberapa bunga non anggrek yang saya koleksi:

Adenium atau kamboja jepang.

Aneka Euphorbia dengan bunga yang semarak.

Jepun Bali/Kamboja Bali

Eh kura-kuraku juga ingin tampil.

Semoga bermanfaat.

78 Tanggapan

  1. Kalo ngomongin anggrek aku jadi inget pakde-ku. Ada satu jenis anggrek yang namanya diambil dari namanya pakde-ku.

    sudah ada beberapa orang Indonesia yang diabadikan namanya seperti Sutiknoi dan Metusalae..

  2. wow …. anggreknya cantik2, terlihat bener bagaimana telatennya si pemilik merawatnya🙂
    foto no 6 nggak terlihat ya ?

    awal tinggal di jerman, aku punya anggrek, masuk kembang ruangan di sini, sayang aku nggak telaten ngerawatnya, harus di siram air hangat segala secara rutin😛 , jadi sekarang lebih suka aneka puluhan kembang spring ma summer, yang nggak susah ngerawatnya dan mengundang banyak tamu😀

    eh iya, di tanah air aku juga masih punya kamboja jepang merah kayak foto di atas, dulu suka tanam2 kembang hias yg ditaruh di pot, beberapa kembang hadiah dr muridku. Terus punya juga anggrek ungu yg tak taruh di dinding, tapi terakhir satu persatu anggreknya hilang, dicuri krn rumah yg di sana kosong nggak ada yg nempati, ya sdh ikhlas kok, soalnya di sini bungaku lebih buanyak jumlah dan jenisnya😛

    thanks ya foto2nya.

    merawat anggrek memang seperti itu. Harus telaten. Kalau enggak, akan malas berbunga. Padahal tujuannya kan melihat bunganya..

  3. hwaaa keren koleksinya, bikin ngiler aja…
    mmm itu kura-kura brazil bukan?

    biasa aja pak. Belum seberapa.
    iya itu kura2 brazil. Umurnya sudah mencapai 5 tahun. Sudah segede telapak tangan

  4. wowww cantiikkk….😀
    saya ga bisa melihara bunga tapi betah ngeliatnya lama2 kalo pas lagi main ke rumah sodara yang pelihara anggrek😀

    lagi ngebayangin tamannya situ nih🙂

    hahahhaa
    selamat membayangkan. Semoga bermanfaat..

  5. waooow…… keren oi……
    saya juga senang melihara kembang, tapi kalau anggrek saya rada kesulitan, mungkin butuh ketelatenan….
    Sukses deh…….🙂

    iya, setiap hari harus diperhatikan. Kalau tidak, ngambek merekanya..:P

  6. Anggreknya menarik, ya…

    Kalo anggrek yang di Kalimantan itu anggrek apa ?
    Katanya bisa menyembuhkan HIV..bener ?

    kalau di Kalimantan ada banyak sekali. Ada anggrek hitam (Ceologne Pandurata), Anggrek tebu (Grammatophylum Speciosum), anggrek kuping gajah (Phalaeonopsis Gigantea), dan banyak lagi yang lain. Tapi kalau untuk mengobati HIV belum pernah saya dengar.

  7. WAAAAAHH…
    INDAH EUY…
    jadi mau dibeliin nieh!!!
    tapi jangan kura2 nya lhowww…
    wekekekekek!!!!
    lam kenal!!!

    hahhaaa untuk anggrek hibrid, dijual cukup murah kok. 30 ribu dah dapat..
    kura2nya emang tidak dijual. Mau beternak hehehehhehe

  8. kalo soal kembang si tu hobi mak gw…..gw ga mudeng blaas…

    kan bisa tanya mak nya langsung hehehhe

  9. dirumah teman, baro anggerk di dalem rumah… mati deh…. hehehehehe…😛

    bisa ditaruh di dalam rumah, tapi seminggu kemudian harus di bawa ke uar lagi.. Biar dapat sinar matahari..

  10. Untuk itulah kita sebagai bangsa harus pintar “merampok”, dan jangan hanya bisanya “dirampok” terus menerus. Biarlah anggrek2 kita dirampok, namun seyogianya kita harus pandai juga “merampok” tanaman2 mereka, bahkan kalau bisa yang kita rampok hanya jangan tanaman saja, kalau bisa seluruh teknologi mereka harus dapat kita “rampok” juga hehehe…..:mrgreen:

    klo bisa sih kita “merampok” tapi ga “dirampok”. Soalnya potensi anggrek kita sangat besar sekali. Jutaan anggrek dibutuhkan dunia setiap harinya. Tapi pemasoknya malah dari negara lain. Kita sebagai asal tanaman ini hanya terbengong2..

  11. wuiihhh… indahnya…
    dihalaman rumahku gak ada tanamannya gersang😀
    cuma ada 3 ekor kura-kura peliharaan istri hahahaha..

    mulai dari tanaman pot aja.. Ntar klo dah terlatih baru deh bisa nambah2..
    kan kasihan ada lahan kosong. Sekalian untuk menghilangkan seteres..

  12. dirampok?
    *tarik napas panjang*

    dalam tanda petik sih.. Yang ngambil orang2 kita yang ga tau. Terus di selundupkan ke luar negeri. Gitu..

  13. Keren!
    Sayang Indonesia kelihatannya kurang membudidayakan kekayaan alamnya sendiri, sementara negara lain malah menggunakannya untuk diakui😦

    beberapa langkah sudah dilakukan sih. Seperti pembudidayaan dengan kultur jaringan. Sayangnya dengan kultur jaringan butuh waktu bertahun2 agar mencapai anggrek dewasa yang siap untuk berbunga. Jadi jalan pintasnya tetap mengambil langsung dari alam..

  14. hwooo seneng plihara bunga ya? keren2… cantik2 bunganya… sayang banget ada yang udah langka2 gitu😦 kura2nya lucuuuuuuuuuuuuuuuu…

    semua anggrek bunganya cantik dan unik lho.. Kura2nya emang lucu, tapi galak. Suka gigit. Mauuu??

  15. kalo aku gak suka nanemnya tapi kalau ngliatin sih suka😀 eh kura2nya boleh juga tuh🙂

    yang penting suka aja dulu, sapa tau ntar jadi tertarik..

  16. ampun deh koleksinya pribadinya banyak juga yah, nyokap gw pasti ngiri, hihi

    hahaahaaa jangan dilihatin ke nyokap.. Biar ga jadi ngiri..

  17. perna baca bukun orchid thief? buku soal anggrek juga. tentang pemburu anggrek di merika kono.

    pernah baca resensinya. Karena begitu mahalnya anggrek spesies di sana, para pemburu sampai saling bunuh-bunuhan di tengah hutan, demi hanya mendapatkan spesies langka.. Kereen gak??

  18. bos…ada bibitnya atu ndak? buat nyokap nieh…

    ada banyak di rumah di Bali.. Sekarang masih di Bandung. Klo mau beli di Bali juga banyak yang jual kok. Di jalan Hasanudin Denpasar, dekat Renon. Banyak yang jual. Aku kadang beli di sana.

  19. Anggrek nya cantik-cantik …
    sepertinya penggila anggrek ya?😀

    bunga anggrek jenis apapun pasti cantik.. Bukan penggila cuman senang lihat bunga anggrek saja. Unik dan perlu usaha untuk mendapatkannya..

  20. Untuk mengobati virus HIV..hm..saya pikir saya dengernya dari film Anaconda II…:D

    Tapi, toh bisa saja..anggrek2 itu digunakan untuk pengobatan, ya, khan ?

    yup, memang anyak yang bisa digunakan untuk obat. Tapi persisnya tidak tahu. Gampangnya sih anggrek yang baunya harum. Kan bisa untuk aroma teraphy😛

  21. Wah hobi menanam ya, keren sekali angrek angrek nya, ada tips nya gak merawat tanaman ?

    klo saya sih perhatikan anggreknya setiap hari. Harus tau dia butuh apa. Jadi terasa gampang merawatnya. Beberapa anggrek memerlukan perhatian khusus. Lebih jelasnya bisa dibaca buku2 angrek yang tersedia di toko buku atau klik di sini

  22. agax susah yaa .. antara si anggrek dan kura2 ..
    hmmm …
    gw milih kura2 dehh😀

  23. huehuehueh…., kok pada milih kura-kura sih…:))

  24. emang banyak budaya2 dan keaneka ragaman kita yang dirampok bangsa lain…..

    karena kita ga bisa memanfaatkan sih..

  25. cantik banget koleksi anggreknya. dijual gak? saya paling suka anggrek bulan yg putih dan kelopaknya lebar itu…anggun banget ya

    sayang sekali koleksi pribadi. gak di jual. Saya juga suka anggrek bulan. Tapi paling suka yang gambar1 karena selain bunganya bagus, baunya harum banget..

  26. Negara kita memang negara yang baik hati, selain anggrek, batik dan banyak hal lain pun ikut memperkaya khazanah budaya bangsa lain hahaha…

    Hutan-hutan di Kalimantan yang dibabati pun ikut “memperkaya” global warming dunia.

    Whatta world!

    baik hati atau konyol hati??

  27. Ya ampun, keren banget koleksi anggrek-nya. Duh, kalo aku sih mending milih disuruh ngepel daripada harus ngerawat tanaman. Nggak bakat, euy …

    disuruh ngepel apapun??kamar saya juga dunk dipel…hehehehe

  28. wuiih, bagus tuh anggreknya. keliatan ni kalo pemiliknya memang anggrek-maniak,hehehe…
    met wiken…

    cuman hobi, ga sampe jadi maniak..:P

  29. wah memang menyedihkan klo seperti itu, ada gak sieh yang belum terampok dari negeri ini?
    owh ada…bunga desa! huehehehe

    emang bunga desa yang ketipu dan dipekerjakan di kafe2 sebagai penghibur itu bukan terampok yah??

  30. harus segera dilestarikan dan dipublikasikan hal seperti ini sehingga orang2 dunia tau. kalo bisa menggunakan bahasa international🙂

    beberapa sudah berusaha, tapi usahanya kalah keras rasanya sama negara2 tersebut.

  31. wakakaka.. emg aneh yah kadang.. kita yang punya bibitnya tapi orang luar negeri yang pintar melestarikannya.. sdm di sini masi kurang kali yah untuk hal2 pertanian, perkebunan, tumbuhan delele.. padahal kita ini punya banyak kekayaan alam loh.. hmm… sayang banget🙂

    iya sayang banget..kaga ada yang mau jadi petani soalnya hehehee

  32. sudah banyak kekayaan negeri kita yang diambil orang. kapan ya pemerintahan kita mengambil tindakan?

    ah..mungkin pemerintah sok sibuk, jadi semua ga ada yang beres deh..

  33. Sungguh indah Pak. Dan juga sungguh disayangkan kita tidak bisa menjaga keindahan itu menjadi milik kita seutuhnya untuk dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

    iya..teramat disayangkan memang..

  34. wah bagus ya…

    tp masa’ dirampok jg sih? kl gitu perang aja…..*saya dibelakang aja😀 *

    di belakang mana?? belakang musuh??

  35. Waaah.. anggreknya cantik2…
    Aku jadi inget kan anggrek pernah ada filmnya looh. Bukan film indo, tapi itu film barat. Ceritanya sekelompok peneliti nyari anggrek yg langka banget (lupa namanya), tapi dalam ekspedisinya mereka dikejar2 uler gede banget…
    Lupa nama filmnya… Heheh

    film anaconda yah??tentang petualangan di kalimantan..

  36. kurakura bahasa latinnya apa mas?
    hehehe

    curtleis kuranensis hehehee

  37. makin terbukti kalau negeri kita ini kaya akan flora, bahkan juga fauna, tapi keterbatasan sdm telah membuat banyak spesies yang musnah. akhirnya dicaplok orang. kalau begini siapa sih yang harus disalahkan?

    saya juga ikut salah pak hehehehe setidaknya ada usaha untuk ikut melestarikan😛

  38. wuih cantik2 ya warnanya….
    kalo dilukis kayaknya tambah cantik nih

    kok warnanya yang cantik??saya lebih suka aslinya dari gambarnya lho

  39. wah indah bunganya
    klo kura-kuranya siapa namanya ???

    namanya curtie..:P

  40. kecolongan lagi deyh qt…😦

    btw anggreknya bagus² banged,,, jadi mupeng..😦

    semua anggrek juga bikin mupeng kok😛

  41. menyedihkan, apa akan senasib dengan satwa langka indonesia? seperti sederhana saja Jalak Bali

    semua kok nasibnya sama yah?? satwa dilindungi yang ga terlindungi..sayang

  42. woh… koleksi anggrek???😀 mustinya mamiku kuajak ke situ:mrgreen:

    maminya koleksi anggrek juga??mustinya saya juga ke sana :mrgreen:

  43. waaah, ga nyangka. trnyata koleksi anggreknya eka banyak jg. kapan2 aku minta dah.😀

    soal dicolong, kita mmg selalu begitu. tidak sadar dg milik kita. trus diabaikan. giliran dipake orang, eh, baru kita teriak2.

    wah saya merasa yang ikut teriak yang telat itu hehehee

  44. ibu sy juga koleksi anggrek. tp bukan anggrek mahal.. cm anggrek biasa, catlea dan anggrek bulan. seharusnya anggrek yg dibibit di ind jg cepet2 dipatenkan namanya.. misalnya orchide el deedeest (haha, maksa bgd ya)

    saya malah ga suka sama cataleya..sulit berbunganya..
    untuk saat ini sudah ada beberapa yang menggunakan orang Indonesia seperti Sutiknoi dan Metusalae..Mudah2an bisa berkelanjutan..

  45. waduh… maap ya saya lengah , saya ngga tau. nyokk kita sama2 menjaga semua aset negeri ini biar ngga dirampok lagi
    nyokkkk

    mari kita jaga bersama..

  46. Wah, kecolongan lagi ya Indonesia?

    iya pak😛

  47. Salam
    Subhanalloh, huhu saya tak terlalu suka bunga, tapi klo melihat begini rasanya jadi berubah pikiran🙂
    batik, anggrek, motif ukiran bali, seni budaya, duh apalagi sie yang mau dirampok?? *miris dan takut*

  48. Munkgin sebenarnya bukan dirampok, tapi kedua negara tersebut lebih pintar untuk membudidayakan dan melakukan rekayasa genetik… (IMHO)

  49. hehe, maksudnya ngepel rumah saya sendiri dong, ah!

  50. indonesia emang kaya dengan sumber daya, tapi karena sumber daya manusianya yang lemah, indonesia malah jadi miskin…

  51. hmmm…..mereka sudah mumpuni teknologi pengembangbiakan dan rekayasa genetiknya, kita kebanyakan masalah korupsi sama urusan selangkangan para anggota wakil rakyatnya🙂

  52. yah kayak yang ga tau kayak gimana negeri kita ini, dah dipatenkan baru kebakaran jenggot….
    tapi terlepas dari itu foto2 anggreknya cantik2 banget…

  53. weleh…dari dulu saya sering denger kl indonesia adalah Negeri Anggrek…tapi pas googling, gak ada data yang memadai untuk dijadikan acuan

  54. anggreknya bagus2,…pasti mahal!!

  55. informasi yang sangat berguna.. Sekalipun saya ga suka beli anggrek, saya jadi tahu kalo beli anggrek (yang langka) sama saja mengambil mereka dari habitat aslinya.. padahal di rumah kita belum tentu mereka bisa bertambah banyak ya..

  56. huehehe.. waah.. masi ngomongin soal anggrek yaah…😀 tumben blom updet.. kirain sayah ajah loh yang gak updet2 dari kemareenn😀

  57. aku ga suka anggrek, tapi prihatin jg kalo begituh adanya…. tapi kadang2 perlu merenung jg, selama ini negara kita adalah negara pembajak dan ga menutup kemungkinan bahwa kita juga sempat membajak dari negara lain, dalam hal kerajinan tangan ato apalah… maapkan aku endonesaku, tp inilah pahitnya kenyataan huhuhu

  58. Wah, nasib… nasib…

  59. met wiken,ya?
    ditunggu lo, postingan berikutnya,hehehe

  60. waduh kalo baca yang kayak gini2 ini rasanya miris…

  61. hebat hasil jepretannya….

  62. kalo liat anggrek rasanya damai dihati oi…………
    sayang koleksi cuma dikit tapi rameeeeeeeee

  63. Cari in Gambar Euphorbia Javanica Dunkkkkkkkkk!!!
    Perlu banget Niyy

  64. aslm.mbak atau mas saya minta ijin buat ngedownload gambar anggreknya, thanks.wsl

  65. wow….rancak bana. Gi mana cara memilikinya??

  66. klo gitu kita kobarkan semangat perang bikin PD3 buktiin pada dunia kita bisa..

  67. hallo choy ni pecinta adenium,tuk sesama pecinta,gue punya adenium mini ada 9 macam mau ga kita tukeran,sukma jaya depok.

  68. cepat dong mbak………………anggrek bulannya di tangkar agar tidak punah selamanya…….

  69. Sy dari sulawesi selatan, sulit mendapatkan bunga anggrek bulan n anggrek hitam. Dimana ya sy bisa dpt/beli anggrek bulan n anggrek hitam atau bibitx?

  70. Oh jadi Vanda Tricolor itu sudah langka ya? Di rumah aku punya anggrek jenis ini cukup banyak, ya semoga kita tetap dapat melestarikannya…jadi tak akan ada kata punah untuk bunga cantik ini……si cantik yang harum….

    • Punahnya di lereng merapi mbak.. klo di tempat saya di Bali juga banyak, tapi pengambilan di alam luar biasa dahsyatnya sehingga sangat sulit menemukannya berada di alam bebas (hutan)

  71. gramatophilum diposo banyak lo….gratis…..dikebun saya aja tumbuh sendiri.. (:’

    • saya juga banyak punya koleksi Grammatophylum.. baru saja selesai berbunga 8 spike.. Sayang di bali harganya cukup mahal😦

  72. bisa kasih info tentang bisnis anggrek macan yg khusus dri papua dn krn di papua byk aneka anggrek yg bagus2 dan dimana saya harus memasarkannya apabila saya menjalankan usaha ini 23B80FDA / 081344144618. terimakasih

    • biasanya perbanyak ikut pameran-pameran..dari sana akan ketemu link penjualannya.. atau ikut group mailing list anggrek.. di sana ramai kok🙂

  73. salam kenal ………..
    Harapan saya, Anggrek menjadi ikon negeri kita, dan jangan sampe dicaplok lagi oleh negeri orang yg ngga tau malu ….. ayo lestarikan anggrek kita

  74. Alhmdllh ya skrg anggrek” ku udh subur aku seneng bget dh y emg sih ad jg yg lom brbunga tpi di lihat dri prkembgan nya seprtix bklan sukses lah….

Tinggalkan Balasan

