Bandung dari atas Jembatan Surapati

Jembatan Surapati dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas yang baru keluar dari tol, sehingga diharapkan dapat mengurangi kepadatan Bandung Utara saat akhir pekan. Ternyata keberadaan jembatan ini telah menjadi landmark Kota Bandung. Selain itu jembatan ini sering digunakan untuk tempat pacaran. Terutama pada akhir pekan pasti ramai sekali. Untuk itu saya tertarik untuk mengabadikan apa yang mereka lihat di jembatan ini.

Landmark baru kota bandung. Saat ini lampu pada puncak telah mati. Sehingga pada malam hari keberadaannya menjadi tidak seanggun pada siang hari.

Sungai Cikapundung yang membelah Bandung dapat diamati dari atas jembatan ini. Sungai ini berwarna cokelat abadi. Padahal saya sering membayangkan Kota Venesia setiap melihat sungai ini. Kapan ya bisa terjadi. Lebih herannya, ternyata air sungai cokelat dan berbau ini menjadi air baku buat PDAM Bandung. Coba aja lihat pipa raksasa yang saat ini sedang ditanam di jembatan di Jalan Siliwangi.

Wah, kalau dilihat dari jembatan ini, ternyata Bandung itu padat sekali. Tidak terbayang bagaimana cara yang mempunyai rumah paling tengah itu. Rasanya tidak ada jalan yang membelah perumahan. Berarti harus hapal gang-gang tikusnya deh.

Ternyata sebentar lagi Bandung mau menyontek Jakarta yah?? Soalnya apartemen juga sudah mulai di bangun dimana-mana. Emang itu buat siapa ya??

61 Tanggapan

  1. Diliat di Google Earth juga padat banget..

  2. sayang ya jarang ada tempat untuk pohon atau taman, bisa dibayangkan panasnya cuaca saat siang tiba😦

  3. coba lebih hijau (baca=banyak pohon2 hijau)….wah pasti keren abis dah….

  4. buat mahasiswa baru yang kaya2…
    circle k juga tambah banyak di bandung. tambah banyak pemuda nongkrong gak jelas disitu. minum2. ntah minum apa?

  5. Oh itu namanya Jembatan Surapati ya..
    Saya jadi inget, di Sydney Australia ada jembatan yang bentuknya mirip itu namanya Anzac Bridge.

    Btw, minggu kemarin saya habis berlibur ke Bandung bersama teman dan melewati jembatan itu ketika hendak mengantarkannya ke pool Cipaganti.

    Btw, Bandung memesona saya! :))

  6. bandung padet juga ya? kirain cuma jakarta yang rumahnya sampe dempet-dempet gitu

  7. gw selalu suka tiang2 surapati itu.
    eh, btw, pas ngefoto berarti berhenti di jalan layang dong…
    kan ga boleh😛

  8. Iya…dari jembatan tersebut bisa dilihat kepadetan Bandung dan baru saya tau klo sungai di bwh itu cikapundung to…hehehe taunya yg d Asia Afrika doang😀

    Dari dulu saya sering bertanya-tanya….kenapa di Bandung gedung bertingkatnya dikit ya? hehehe

    Jd inget di Bali yg konon klo bikin rumah tidak boleh lebih tinggi dari pohon kelapa ya, Made? *informasi tersebut kudapat dr guide study tour saat SMU dulu

  9. kalo di Surabaya namanya SURAMADU mengubungkan Surabaya dengan pulau Madura..

  10. apartemennya buat aku kalo jalan2 ke bandung.😀

  11. buat torasham: emang jembatan SURAMADU udah jadi gitu? hwaa…jd pengen k Madura🙂 dulu waktu masih kecil lumayan sering k Madura nae feri cuma 15 menit…pas d kapal suka jalan2 k atas kapalnya liatin lautan…seneng deh🙂

  12. dimana mana akan mejadi hutan beton, kuta yang dulu desa sekarang jadi padat. tinggal menunggu “desa-desa” lainnya untuk menjadi sebuah daerah ramai

  13. wah…jembatannya cakep……tapi sayang kali nya….hehehehe

  14. sungai coklat dan berbau dipakai buat PDAM? yah pantes generasi kita gak sehat2.. kayak saya gini, kemana2 gak kuwat jalan kaki, harus naek mobil BMW saya..

  15. jadi kepikiran, kapan y kali-kali di Indonesia bisa sebersih di negara Eropa? oya, kayaknya kurang poto jembatan di malam minggu.. lebih keliatan aslinya..
    hehehehhe =D

  16. hiks, jadi kangen bandung, btw di jalan layang itu kalo malem minggu banyak yang pacaran di pinggirannya, biasanya yang abis pada nonton di ciwok pulangnya ‘mampir’ ke situ dulu, cuci mata. hehe

    nb : bukan pengalaman pribadi, sekedar menjadi saksi mata, hehe

  17. Made…ini tak kasih “kado” sebagai tanda persahabatan😀
    cek di tempat saya yaa…makasii

  18. Foto omahe kok ketok RUWET mas😀

  19. Wow jadi inget Bandung euy … saya 6 tahun tinggal di Bandung. Kangeeeeeeeeeeeeen.

  20. gak nyangka bandung sepadat itu, seperti jakarta. udah lama gak dengar nama cikapundung nih waktu ngebaca nama itu jadi senyum sendiri…sungai itu coklat krn endapan lumpur apa sampah ya

  21. pernah liyat…
    dari tipiii hihihi

  22. eh aku inget jembatan ituh:mrgreen: aku lewat pas mo ke ciwalk buat kopdaran sama temen ngeblog😆

  23. kapan ya bisa ke bandung?😀

  24. mungkin bwt saya tuh…🙂
    ^ngaco mode on^

  25. wah saya kalo ke jembatan sana cuma photo2 narsis😀 , ga pernah moto rumah2 ternyata padat banget y

  26. Sayang ya… jembatannya indah…. tapi pemandangan kotanya di kiri kanan kurang indah. Aturan kalau jembatannya indah… pemandangan kotanya minimal seperti Manhattan skyline atau Singapore skyline begitu… hehehe…..

  27. apartemennya bwat orang-orang jakarta yang berlebih duit kekeke….

  28. wah makin berkembang nich kota kembangnya, he…he…!🙂

  29. Sungai Cikapundung tuh klo ada banjir rumah2 sampingnya pasti hanyut semua tuh, serem tuh rumah2..

  30. gang tikus.. jalan tikus.. asal jangan rumah tikus aja🙂

  31. Ampera juga keren om!
    apalagi sungai musinya yang membelah palembang menjadi dua bagian, ulu dan ilir!
    bedanya cuma kalo di jembatan Ampera tempatnya terang karena banyak lampu hiasnya!
    heheheheheh!

  32. bisa ga teknologi jembatan itu diterapkan Klungkung – Nusa Penida ya🙂

  33. sayah belum keturutan neh ke bandung hiks….

  34. wahhhh kapan yah saya bisa kebandung😀

  35. Pernah liwat dari ciwalk ka suci…😀

    tapi sampah masih loba ya dibandung teh

  36. Keren jembatannya mas…saya pernah leat sekali..namun pemandangan padatnya kota bandung sedikit mengurangi keindahannya…

    Salam kenal

  37. aer sungainya kayak milo coklat yaa…
    heuehuehueh

  38. biar padet tpi asyik…. bandung… meriah euy…. he…he..

  39. iya yah kadang kita sebagai penduduk bandung dibuat bingung…bagaimana sih tata kota bandung itu sebenanya ? kok kayak yg amatiran begini tata kotanya😦

  40. Hmm.. Bandung sekarang sudah berubah jadi Bandung lautan rumah ya?

  41. Padat juga Bandung…….
    Pernah 2 kali ke Bandung tapi ga ingat pernah lewat di Jembatan itu ga ya??

    Oh iya, aku minta ijin ngelink blog ini ya?🙂

  42. keren juga tuh jembatannya. sayang saya belum sempat ke bandung. sayang juga soal lampunya. Kok ngga ditagih ke pemerintah?hehehe
    met wiken

  43. Pernah sekali datang ke Bandung, ke rumahnya Nike Ardilla. Waktu itu saya bersama Deni Ireng, mantan personil Andromeda Band.
    Enak, memang suasana kota di sana, tidak seperti di Surabaya yang panas.

  44. Wakaka.. kalo soal padat… tetep yah jakarta tempat gitunya lebih b anyak… haduhh.. kapan yah kita punya kota yang bersih indah.. wehehe.. *gak nyambung* btw udah aku link tuhh.. hehe sowi yah lama.. baru sempet buat iconnya … hihi dilink juga yah😀

  45. Wah, jauh ketinggalan ama KL, hahaha, Gpp lah.

  46. woargh padatnya hampir sama kayak jakarta… wong bandung kota kecil tapi penduduknya banyak banget juga.. kayak jakarta aja…huhuh..

  47. Cepet banget ya, padahal waktu kuliah dulu (2004), belum ada loh.

  48. Baru sekali saya datang ke bandung.

  49. hmmm… gue juga punya foto kayak gitu kayanya.. bandung emang mantap! ^^

  50. wah padet merayap bgt nozk
    ckckckkc

  51. denpasar, bandung….. uh… dimana2 beton melulu…

  52. saya belum pernah ke bandung.. ;p

  53. Pemandangan yg keren yah…pernah liat bandung dari atas gunung. you must try. sy lupa namanya tapi naik dari jalan saung angklung mang udjo, dedekt cicaheum. gila bandung cantik banget🙂

  54. pengen ke sana…

  55. wah…wah…
    bandung ternyata sudah banyak sekali make over-nya yah…
    saya sudah 5 tahun lebih tidak ke bandung, padahal sebagian besar hidup saya ada di bandung..

    salam kenal sebelumnya utk pemilik blog ini, tks info ttg bandung-nya yah…

    jadi pengen pulang kampung euy…hehehhee..

    nuhun ahh…

    –bonar–
    http://sihotang407.wordpress.com

  56. mon….mon….coba pembangunan bia selaras ma padahal ayang uy…………..

  57. gw butuh foto dr atas tamansari punya ga he he

  58. tapi kota bandung adalah kota terbesar keempat di indonesia

  59. …kangen bandung 15 taon yg lalu……terpaksa kagum ma jembatan itu….padahal udah nge-delete tempat nongkrong c gw yang dipenuhi pohon2 rindang,jembatan klasik di atas sungai kecil yang udah ditutup aspal & beton….kenapa ga bikin terowongan aja….biar yang diatasnya tetep hijau dul!!!

  60. emank siihhh kota bandung padat tapi coba aja loe kpedesaanya
    ademm
    gw aja liburan disitu mve kdinginann

Tinggalkan Balasan

